TpziGpClGSAoTSz8TUC9GpO6GY==

Harga Beras di Blitar Tembus Rp17 Ribu Jelang Pemilu, Warga Menjerit

Harga Beras di Blitar Tembus Rp17 Ribu Jelang Pemilu, Warga Menjerit
Kenaikan harga beras jelang momentum Pemilu 2024 yang signifikan di Blitar dirasa cukup memberatkan masyarakat.

Blitar, PEWARTA JATIM - Menjelang Pemilu 2024, harga beras di Kota Blitar mengalami lonjakan yang cukup signifikan.

Harga beras eceran di pasaran kini mencapai Rp17 ribu per kilogram, merupakan yang tertinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Kenaikan harga beras ini membuat masyarakat mengeluh, khususnya warga Blitar.

"Pemilu terus yang diurusi sampai harga beras segini kok tidak ada kepedulian sama sekali, ini pemerintah gimana?" keluh Siti, pembeli beras di Pasar Pon Kota Blitar, Kamis (8/2/2024).

Siti juga menambahkan, kenaikan harga beras di Blitar ini sudah berlangsung selama satu bulan terakhir.

"Berasa banget, biaya membengkak ini. Makanya beli eceran karena beli yang kemasan 5 kilogram tidak cukup uangnya," imbuhnya.

Harga beras medium di Kota Blitar naik Rp1.400 per kilogram dalam tiga pekan terakhir. Dari sebelumnya Rp62 ribu per 5 kilogram, kini menjadi Rp69 ribu.

Sementara harga beras premium naik dari Rp67 ribu per 5 kilogram (Rp13.400 per kilogram) menjadi Rp72 ribu per 5 kilogram (Rp14.400 per kilogram).

Oen Huu, pedagang beras di Pasar Pon Kota Blitar, mengatakan, salah satu faktor naiknya harga beras di Blitar ini disebabkan oleh stok cadangan yang mulai menipis di saat masa panen raya belum tiba.

"Iya memang harga beras terus naik selama beberapa pekan terakhir, mungkin karena belum ada panen raya kemudian stok berkurang dan harga melonjak."

Diduga, mahalnya harga beras ini disebabkan oleh berkurangnya stok akibat belum adanya panen raya. Para pedagang beras juga mengeluhkan berkurangnya pasokan dari distributor hingga 50 persen.

"Biasanya dapat kiriman 6 ton beras tapi sekarang cuma 2 ton saja," ungkap Oen Huu.

Kenaikan harga beras ini tentu saja menambah beban masyarakat, terutama bagi mereka yang berpenghasilan rendah.

Di tengah fokus pemerintah terhadap Pemilu 2024, masyarakat berharap agar pemerintah juga memberikan perhatian serius terhadap permasalahan harga pangan yang melonjak.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close