TpziGpClGSAoTSz8TUC9GpO6GY==

Soal Jalan Krisik, Adeng: Perintah Bupati Tegas, Gulung Habis para Oknum

Pengerjaan jalan Desa Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang yang dinilai asal-asalan
Penampakan foto pengerjaan jalan Desa Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang yang dinilai asal-asalan. (Dok. Pewarta Jatim/Har)

PEWARTA.CO.ID, JATIM - Proyek pembangunan jalan Desa Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang mendapat sorotan sejumlah pihak. Apalagi, proses pembangunan jalan yang menelan anggaran sebesar Rp 1,433 Milyar tersebut baru-baru ini viral melalui sebuah video yang tersebar melalui grup WhatsApp.


Dimana dari video tersebut muncul dugaan adanya kecurangan dalam proses pembangunan jalan itu. Pasalnya, dalam video tersebut, sebagian konstruksinya dinilai ada yang tidak tepat. Yakni, tanah urukan yang ditaruh di atas kawat rangka. Yang seharusnya bisa ditutup dengan cor.


Menyikapi adanya hal tersebut Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Abdul Qodir menilai, bahwa dalam hal ini, kontraktor yang bersangkutan tidak cukup hanya diberi teguran, punishment berupa pembongkaran proyek yang sudah dikerjakan.


"Menurut hemat saya kontraktor tidak akan cukup memiliki keberanian melakukan kecurangan terbuka apabila tidak didasari dengan adanya hubungan emosional antara kontraktor dengan oknum pejabat yang bertanggung jawab," ujar pria yang akrab disapa Adeng ini.


Selain itu, ia juga menilai bahwa sudah seharusnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang tidak memandang persoalan tersebut hanya pada praktik kecurangan yang diduga dilakukan oleh oknum kontraktor. Apalagi, seorang wakil rakyat yang telah disumpah, memiliki fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan.


"Teman-teman DPRD yang sudah komentar dimedia menyoroti masalah ini harusnya sadar bahwa dia memiliki fungsi Legislasi, budgeting dan pengawasan. Mereka ini sudah disumpah, jadi harusnya lebih serius dan peka dalam memandang persoalan ini, jangan disederhanakan hanya pada praktek kecurangan (oknum) kontraktor," terangnya.


Menurutnya, hal itu menjadi sebuah tanda tanya besar, mengapa pengawasan pada proyek tersebut terkesan longgar sehingga kecurangan bisa dengan santai dilakukan. Dirinya menduga, pengawasan tersebut memang longgar atau disengaja dilonggarkan.


"Hal inilah yang harus diungkap. Ibarat kata 'seorang maling yang melakukan pencurian dengan santai, hanya terjadi dalam rumah sendiri'. Dimana mana yang namanya kecurangan itu, biasanya dilakukan secara sembunyi-sembunyi, sementara dalam kasus ini dilakukan dengan santai, ada apa?" jelasnya.


Berkaca pada hal tersebut, menurutnya bisa menjadi pintu masuk untuk melakukan evaluasi menyeluruh terkait mekanisme tahapan-tahapan pengadaan barang. Sebab jika tidak, Adeng menyebut bahwa praktik curang semacam itu dimungkinkan akan terus berlanjut. Jelas hal itu dapat berdampak pada kwalitas infrastruktur pembangunan di Kabupaten Malang.


"Kalau infrastruktur di Kabupaten Malang amburadul, masyarakat yang dirugikan. Saya yakin kecerobohan ini dilakukan pada level oknum pejabat di bawah, karena yang saya ketahui, perintah Bupati jelas dan tegas, Jauhi Konflik Kepentingan, Jangan ada Pejabat Daerah yang nyambi memainkan proyek dan perijinan, bahkan menurut Bupati Gulung Habis para oknum" pungkas Adeng.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close