TpziGpClGSAoTSz8TUC9GpO6GY==

Kominfo Dorong Pengajar Buat Video Pembelajaran yang Menyenangkan

Kominfo Dorong Pengajar Buat Video Pembelajaran yang Menyenangkan
Pemateri webinar 'Makin Cakap Digital' oleh Kominfo, pada Jumat (15/7). (Official)

PEWARTA.CO.ID, JATIM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menggencarkan Gerakan Literasi Digital 2022 yang diaplikasikan dalam format kelas daring bertajuk 'Makin Cakap Digital'.


Kegiatan tersebut diisi pemaparan beragam tema, yang ttujuannya untuk mengedukasi masyarakat terkait masing-masing materi di setiap pertemuannya.


Salah satu contohnya pada webinar bertema 'Membuat Video Pembelajaran yang Menyenangkan', pada Jumat (15/7/2022).
Dengan tema itu, Kominfo mendorong para tenaga pengajar seperti guru dan dosen agar aktif berkreasi membuat materi pembalajaran dengan format video interaktif.


Angelina, salah satu pemateri mengatakan, dengan metode pembelajaran yang menarik akan menarik minat belajar siswa didik.
“Metode pembelajaran yang menarik biasanya melibatkan media pembelajaran. Seperti yang sudah kita ketahui, anak-anak di jaman ini sudah memiliki karakteristik dan keunikan yang beragam dalam cara mereka belajar. Sebagai guru, kita harus pandai memilih cara yang cocok untuk dipilih,” kata dia.


Angelina menambahkan, ada beberapa trik agar guru mengetahui cara belajar di media pembelajaran yang tidak membosankan, di antaranya visualisasi materi mudah dilihat dan berisi konten yang menarik serta tidak membosankan.


Selain itu, kata Angelina, video pembelajaran harus mengurangi teks agar terlihat lebih sederhana. Isi yang ditampilkan pun harus bermanfaat bagi yang menyimak.


Namun, unsur entertainment saja tidak cukup. Menurutnya, isi materi pembelajaran tersebut juga harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya agar siswa didik tidak menjadi korban penyesatan informasi.


Dengan adanya webinar literasi digital ini, Kominfo berharap masyarakat Indonesia dapat menyesuaikan cara belajar yang sedang berlangsung.


"Agar siswa dan siswi masa depan bangsa mendapatkan cara didik yang baik dan benar sesuai karakteristik dan kemampuan mereka," tukas dia.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close