TpziGpClGSAoTSz8TUC9GpO6GY==

Pemkot Batu Serahkan 1 Ekor Sapi ke Masjid Misbahussudur

Pemkot Batu Serahkan 1 Ekor Sapi ke Masjid Misbahussudur
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso saat menyerahkan secara simbolis 1 ekor sapi kurban ke Masjid Misbahussudur di Jalan Imam Bonjol, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, pada Minggu (10/7). (Dok. Diskominfo Batu)

PEWARTA.CO.ID, JATIM - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Jawa Timur, menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor unit sapi kepada Masjid Misbahussudur, pada Minggu (10/7/2022).


Satu ekor sapi kurban tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, dan diterima oleh Takmir Masjid Misbahussudur.


Dalam kesempatan itu, Punjul menjelaskan, proses penyembelihan hewan kurban sedianya ada dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Junrejo. Namun, karena keterbatasan tempat mengingat masifnya jumlah hewan yang hendak disembelih, maka lokasinya dipindah ke Masjid Misbahussudur yang ada di Jalan Imam Bonjol Gg 1, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Usai penyerahan hewan kurban yang dilakukan setelah shalat Idul Adha tersebut, Punjul menyampaikan pesan terkait peringatan hari raya kurban tahun ini, yang menurutnya menjadi momentum untuk bangkit dari masa sulit, utamanya masa pemulihan pandemi.


“Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H, semoga memberi semangat untuk bangkit dan optimis,” tuturnya.


Melihat situasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) saat ini, Pemkot Batu memberlakukan aturan terkait penjualan dan penyembelihan hewan kurban melalui Surat Keputusan (SK) Wali Kota Batu. Hal ini sebagai upaya mengindahkan Surat Edaran (SE) Menteri Pertanian Nomor 3/SE/PK.300/M/5/2022.


Bukan hanya itu, setiap hewan kurban yang hendak disembelih juga telah melalui pemeriksaan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk memastikan kelayakannya.


Dengan begitu, hewan kurban bukan saja aman dikonsumsi, namun juga dipastikan bebas dari PMK.


Pemkot Batu telah merekomendasikan setidaknya 92 lokasi tempat penyembelihan hewan kurban di Kota Batu.


Sementara untuk Masjid Misbahussudur sendiri, kata Yunus Rahmat Purwanto selaku Takmir masjid tersebut mengatakan, telah menjadi jujukan tempat pemotongan hewan bagi lima masjid dan 7 mushola yang mencakup RW 1, RW 2, RW 3 dan RW 5.


Pada Idul Adha 2022 ini, Masjid Misbahussudur secara keseluruhan menangani penyembelihan sebanyak 11 ekor sapi dan 9 ekor kambing.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close