TpziGpClGSAoTSz8TUC9GpO6GY==

Mulai Ikan Asap, Kepiting, Sampai Soto, Inilah 3 Kuliner Khas Probolinggo!

Mulai Ikan Asap, Kepiting, Sampai Soto, Inilah 3 Kuliner Khas Probolinggo!
Soto Kraksaan khas Probolinggo, Jawa Timur.


PEWARTA.CO.ID, JATIM - Secara demografis, Kota Probolinggo merupakan kota dengan penduduk terbanyak keempat selain Surabaya, Malang, dan Kediri. Maka dari itu, jika Anda sedang bertugas ataupun menghendaki liburan tidak ada salahnya mampir untuk menikmati kuliner khas yang enak dan istimewa asli dari Kota Probolinggo.


Beragam kuliner dengan cita rasa yang enak dan istimewa dari Kota Probolinggo menjadi kebanggaan bagi warga lokal. Tidak heran banyak wisatawan singgah sekedar mencicipi makanan ataupun mengisi waktu liburan di tempat wisata yang ada di sana.


Selain memiliki cita rasa enak dan istimewa, ternyata kuliner khas Probolinggo juga mempunyai bentuk yang bermacam-macam. Harganya yang terjangkau, sering kali wisatawan membungkus makanan tersebut untuk dijadikan oleh-oleh bagi kerabat maupun sanak saudara.


Dikutip dari berbagai sumber, berikut 3 kuliner khas Probolinggo yang sangat patut Anda coba!


Ikan Asap kuliner khas Probolinggo


Saat melintasi jalur pantura Probolinggo, Jawa Timur, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi ikan asap yang tersaji di sepanjang tepi jalan nasional Surabaya-Bali. Cukup menggugah selera hidangan ikan segar yang diasap kemudian disajikan secara sederhana dengan tambahan sambal terasi khas Probolinggo.


Ikan asap kuliner khas Probolinggo
Ikan asap kuliner khas Probolinggo, Jawa Timur.


Ikan segar yang ditangkap oleh nelayan setempat kemudian diolah dan dijual menjadi ikan asap nyatanya banyak peminatnya. Sangat mudah bumbu yang diracik untuk menambah cita rasa nikmat dari hidangan ikan asap, seperti kecap, bawang, dan lainnya.


Berada di lokasi yang strategis, yaitu di tepi jalan raya Surabaya-Bali sangat mudah untuk menjumpai penjual ikan asap ini. Bahkan beberapa wisatawan sering mampir untuk istirahat sambil menikmati hidangan ikan asap yang nikmat dan istimewa khas Kota Probolinggo tersebut.


Kepiting Olok kuliner khas Probolinggo



Selain ikan asap, kepiting olok juga menjadi kuliner khas Probolinggo yang enak dan istimewa serta wajib Anda coba. Olok sendiri adalah sebutan bagi kepiting muda yang terdampar di pantai dan biasa dipakai oleh warga masyarakat Probolinggo.


Kepiting Olok kuliner khas Probolinggo, Jawa Timur.
Kepiting Olok kuliner khas Probolinggo, Jawa Timur.

Untuk membuat hidangan kepiting olok ini, daging kepiting terlebih dahulu dikeluarkan kemudian direbus bersama saus merah. Setelah selesai dimasak, daging kepiting dimasukkan ke dalam cangkang kembali dan dibumbui pedas manis.


Bayangkan, kepiting berukuran besar diolah dengan bumbu pedas manis, menciptakan kesan mewah pada suapan pertama. Apalagi jika Anda menyantapnya dengan nasi putih hangat beserta es teh manis.


Tidak heran, cita rasa gurih, enak, istimewa menancap di lidah membuat Anda tidak akan lupa dengan sensasinya.


Soto Kraksaan kuliner khas Probolinggo


Sesuai dengan namanya Kraksaan, soto ini berasal dari Desa Kraksaan Kota Probolinggo, Jawa Timur.


Soto Kraksaan sendiri biasa disajikan bersama serbuk kelapa muda yang disangrai.


Soto Kraksaan kuliner khas asli dari Probolinggo, Jawa Timur.
Soto Kraksaan kuliner khas asli dari Probolinggo, Jawa Timur.


Kuliner yang satu ini khas dan memiliki banyak penggemar karena cita rasa kuah yang disajikan gurih dengan tambahan bahan pelengkap seperti telur rebus, tauge, irisan daging ayam, kerupuk emping, serta banyak lainnya.


Paduan klasik kuah soto gurih dan harumnya kelapa yang disangrai tercium kuat dari soto ini. Jika Anda menginginkan rasa soto yang lebih segar bisa juga menambahkan perasan jeruk nipis dan sambal rawit pedas.


Itulah 3 kuliner khas Probolinggo, Jawa Timur, yang tim redaksi Pewarta rekomendasikan.
Masih ingin melewatkan begitu saja kesempatan berkuliner di Kota Probolinggo?


Aneka hidangan makanan enak dan istimewa yang nampaknya sayang jika dilewatkan.
Mampir, nikmati dan rasakan rekomendasi kuliner yang ada di Kota Probolinggo. Harganya yang bersahabat, sebanding dengan rasa, dijamin Anda pasti ketagihan.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close